Sabtu, 09 Oktober 2010

Sungai di Bawah Laut Fenomena Dahsyatnya Alam

Sungai di Bawah Laut Fenomena Dahsyatnya Alam

Sungai di bawah laut : sebuah keajaiban alam yang sedang ramai dibicarakan oleh dunia yaitu penemuan sungai di bawah laut, yang ditemukan di Cenote Angelita, Meksiko. Foto-foto sungai di bawah laut tersebut, sungguh menakjubkan .Saya pribadi sebagai orang islam spontan menyebut Subhanallah . Dan ini lah kebesaran sang Khalik dalam menciptakan alam. .
Tetapi pemberitaan soal Sungai di dalam laut ini disebagian tempat malah dijadikan banyak perdebatan . Penemuan ini cukup membuat kontroversi, ada yang percaya akan foto dan video sungai di Bawah laut tersebut, ada pula yang membantah bahwa itu hanya hasil rekayasa untuk mencari popularitas belaka.
Beberapa orang mengatakan bahwa warna kecoklatan seperti air sungai itu merupakan lapisan gas hidrogen sulfida. Namun warna kecoklatan itu bukan berasal dari air tawar. Dikatakan , bagian kecoklatan yang mirip air sungai itu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfide atau H2S yakni Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.
Foto sungai di bawah laut yang berasal dari Cenote Angelita, Meksiko ini Awalnya dikatakan disana terlihat ada sebuah gua yang jika di telusuri 30 meter lebih dalam akan menemukan keanehan karena airnya adalah air tawar, disana memang tampak adanya pemandangan seperti kehidupan di sungai. Tetapi Jika di telusuri lebih dalam lagi maka rasa air tersebut kembali menjadi asin.
Berikut adalah foto sungai di bawah laut itu : (Klik Gambar Untuk memperbesar)
sungai-di-bawah-laut-1
sungai-di-bawah-laut-1
sungai-bawah-laut-1
sungai-bawah-laut2
sungai-bawah-laut3
sungai-bawah-laut3
Gambar sungai bawah laut yg lain bisa di lihat di sini :
sungai-bawah-laut-4
sungai-bawah-laut-5
sungai-bawah-laut-6
Pendapat Ahli Tentang Sungai Bawah Laut Mexico -
Menristek Suharna Surapranata dalam pembukaan di The 4th GEOSS Asia – Pacific Symposium, Denpasar, Bali, Rabu 10 Maret 2010 memberikan pendapatnya Mengenai keberadaan Sungai Bawah Laut di Mexico yang diperkirakan dapat menimbulkan berbagai hal yang membahayakan bagi kehidupan di bawah laut. Memang dalam sebuah penelitian menujukkan gas sulfida (H2S) disungai bawah laut itu tidak membahayakan manusia..
Kepada vivanews.com Menristek Suharna Surapranata mengatakan : Secara umum Gas Sulfida memiliki sifat yang asam, dan bila bercampur dengan air laut atau garam yang ada dalam kandungan air laut, maka gas ini bisa berbahaya bagi mahkluk hidup yang ada di laut, namun tidak berbahaya bagi manusia..
Kendati demikian, fenomena alam sungai di dalam laut itu merupakan bagian dari vulkanologi atau studi tentang gunung berapi, lava, magma dan fenomena geologi yang berhubungan ,demikian seperti yang diakui Suharna .
“Di Indonesia memang belum pernah terjadi, namun sangat mungkin fenomena itu terjadi karena hal itu merupakan fenomena alam, dan sejauh ini penelitian tentang sungai bawah laut belum selesai, dan masih melakukan pemetaan tematik,” jelasnya.
Fenomena apa sebenarnya Sungai Bawah Laut Mexico ini ?
Seperti diketahui, ‘sungai’ bawah laut yang terjadi di perairan perairan Cenote Angelita, Mexico, pada kedalaman 60 meter itu bukanlah sungai sebenarnya.Warna kecoklatan seperti air sungai itu merupakan lapisan gas hidrogen sulfida. Namun warna kecoklatan itu bukan berasal dari air tawar.Disebutkan, bagian kecoklatan yang mirip air sungai itu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfide atau H2S. Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.
Suasana dalam laut itu mirip sungai lengkap dengan lapisan seperti air yang berwarna agak kecoklatan. Ada pohon lengkap dengan dedaunan jatuh berguguran.
Di stasiun telvisi telah ditayangkan berita ini.Sudah ada penjelasan dari si peneliti itu sendiri, bahwa tempat yang menyerupai sungai ini dinyatakan sebuah kandungan gas sulfur yang terbuat dari vulkanik2 (hydrogen) yang semakin lama membentuk suatu warna kecoklatan hingga menyerupai sebuah genangan sungai.. Jika memang ini kenyataan maka inilah kebesaran sang kuasa dan manusia hanya bisa mengagumi dan mensyukuri apa yang telah di beri oleh NYA.
Terlepas atas perdebatan tsb , Tentang fenomena alam Sungai Bawah Laut ini, telah diberitakan dalam Al Quranul Karim sejak 15 abad silam, Berikut ayatnya :
Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi. (QS : Al Furqon 53)
“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” (QS Ar Rahmaan : 19-20)
Untuk melihat VIDEO Sungai Di Bawah Laut silahkan klik di image ini :
Video_Sungai_Bawah_Laut
Demikian berita “hot” tentang “Sungai dibawah Laut ” ini di ceritakan, yang diambil dari berbagai sumber yg bertebaran di internet ini. Semoga ada hikmahnya buat kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar